Jumat, 08 Januari 2010

PENGGOLONGAN HEWAN

PENGGOLONGAN HEWAN

Berdasarkan jenis makanannya, hewan dibagi menjadi tiga yaitu herbivora, karnivora dan omnivora.
 hewan herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan. Contoh hewan herbivora adalah kambing, sapi, kuda, kerbau. Hewan herbivora berkembangbiak dengan cara melahirkan. Susunan gigi pada hewan herbivora yaitu:
Gigi taring hewan herbivora tumbuh hampir menyerupai gigi seri. Gigi ini berfungsi memotong rerumputan dan dedauanan.
Gigi geraham yang berbentuk lebar dan datar digunakan untuk menggiling makanan.
 hewan karnivora adalah hewan pemakan daging. Ciri-ciri hewan karnivora antara lain: mempunyai gigi yang tajam dan kuat, makanannya asalah daging, mempunyai gigi taring dan gigi geraham yang sangat tajam dan kuat. Contoh hewan karnivora yaitu harimau, ular, ikan paus, buaya, elang, serigala. Hewan karnivora memiliki gigi seri yang tidak besar namun tajam untuk memotong makanannya. Dua pasang gigi taring tumbuh memanjang dan berfungsi untuk menggigit dan mencabik makanannya. Enam pasang gigi geraham yang tajam berfungsi mencincang dan memotong daging dari tulang.
 hewan omnivora adalah hewan pemakan segala (pemakan daging dan tumbuhan). Contohnya yaitu beruang, orang hutan, burung kutilang, kera, burung prenjak, burung kepodang. Dengan gigi seri dan gigi taringnya yang tajam hewan omnivore mencabik-cabik makanannya, kemudian mengunyahnya dengan gigi geraham yang datar. Gigi geraham yang datar tersebut juga digunakan untuk memakan buah-buahan.

1 komentar:

  1. Tinting Iron – Titanium flat irons - TITanium Arts
    Tinting Iron is a tool made for use on the tinting ring to make a titanium bong thicker titanium oxide and titanium body jewelry lightweight stainless steel band. apple watch titanium Made with metal tools that are not too thick and have the $22.50 · ‎In titanium cost stock

    BalasHapus